Wajib Baca! 3 Cara Membuat Ruang Kerja yang Nyaman & Tenang?

Dengan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, dunia kerja pun berkembang dengan sangat dinamis. Bekerja yang dulu mesti berada di sebuah kantor, kini bekerja di rumah pun punya peluang yang menjanjikan. Makanya, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk berdikari dan bekerja sendiri di rumah.

Bekerja di rumah bukannya tanpa kendala lho. Coba saja Anda bayangkan jika rumah tidak memiliki fasilitas dan lingkungan efektif, nyaman, dan kondusif seperti di kantor pada umumnya? Sangat dimungkinkan pekerjaan jadi akan terbengkalai.

1. Memanfaatkan meja lama dan kabinet besi

Memanfaatkan meja lama dan kabinet besi

Dengan meja lama dan kabinet besi via tumblr.com

Lupakan hukum tidak tertulis soal kantor yang terdiri dari meja, kursi, dan kubikel kaku. Ide kreatif malah bisa muncul dari ruangan yang lebih ceria dan santai. Di ruangan ini kamu bisa berpikir dengan tenang tanpa harus merasa dibatasi oleh tembok tebal.

Untuk mewujudkan ide kreatif tersebut, tidaklah harus dari furnitur mewah dan mahal, karena sebenarnya furniture murah atau furniture bekas pun juga bisa memunculkan ide kreatif.

Untuk inspirasi, kenapa kamu nggak coba ide ruang kerja macam ini? Memanfaatkan bagian atas dari meja lama, dipadu dengan kabinet besi sebagai kakinya. Voila! Ruang untuk berpikir tersedia.

2. Ide kreatif datang setelah tubuh bergerak

Ide kreatif datang setelah tubuh bergerak

Kalau gitu kenapa nggak bikin sport centre di tempat kerja aja?

Ide untuk menyediakan ruang olahraga di kantor bisa ditiru untuk memunculkan ide kreatif dari para pekerja. Sport centre yang dilengkapi fasilitas olahraga lengkap mulai treadmill, sepeda statis, tenis meja, sampai barbel ini jadi tujuan buat mencari ide kalau udah stuck banget. Setelah bergerak, ide-ide kreatif biasanya datang lebih lancar, ditambah badan yang fit juga mampu memunculkan semangat bekerja lebih keras lagi.

3. Walau kecil spacenya, ruang kerja ini efisien dan tenang

Walau kecil spacenya, ruang kerja ini efisien dan tenang

Walau kecil, ruangan ini efisien dan tenang via tumblr.com

Kecerdikan untuk memanfaatkan ruangan sisa di rumahmu yang tidak terlalu besar ternyata bisa menghasilkan ruang kerja yang nyaman dan tenang macam ini. Kombinasikan dengan rak mengambang (floating shelves) di atas kepala untuk memaksimalkan penyimpanan barang-barang dan dokumen kerja.

Adalah Jo Heinz, presiden Dallas Interior Architecture and Design Firm Staffelbach yang memiliki tip tentang merancang ruang kerja di rumah agar efisiensi berada pada titik maksimum. Bagaimana merancang sebuah ruang kerja di rumah agar efektif? Pasti berbeda dengan merancang kantor komersial, bukan? Dan apa pertimbangan yang Anda butuhkan sebelum mulai untuk melakukan perancangan?

Design home office

Design home office via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Bekerja dari rumah memang cukup menarik, sebab menawarkan peluang dan kesempatan besar pada sisi kenyamanan. Ini wajar, karena Anda bekerja di lingkungan yang Anda tinggali tiap harinya. Namun jika kantor terlalu santai, bisa jadi aktivitas Anda akan tidak efektif dan produktivitas akan menurun.

Sementara itu, kenyamanan adalah hal penting yang diperlukan di setiap kantor. Namun, kantor yang terlalu kasual dapat dengan serius menghambat kemampuan karyawan untuk menyelesaikan permasalahan.

Oleh karena itu, perbedaan “area” harus dibuat dengan jelas. Seperti apa batas-batas fisik ruang kerja ini dan seperti apa pemisahannya dengan ruang yang berada di sisi yang lain, agar keberadaan ruang kerja yang terpisah ini untuk menyampaikan kesan “terlarang” dan privat. Tidak semua orang bisa memasukinya.

Coba jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini pada diri Anda sebelum Anda mulai merancang ruang kerja di rumah:

“Akankah ada klien eksternal yang akan mengunjungi ruang kerja Anda?” Jika ya, tentu Anda harus memikirkan tentang ruangan untuk menyambut klien serta akses khusus yang terpisah dari rumah.

“Rekan akan mengunjungi untuk bekerja kolaboratif?” Sama seperti pertanyaan sebelumnya. Jika ya, tentu Anda harus memikirkan tentang kebutuhan fasilitas dan ruangnya, serta akses khusus yang terpisah dari rumah.

“Apa yang akan Anda lakukan di ruang kerja tersebut?” Ini akan memberikan gambaran mengenai fasilitas apa saja yang Anda perlukan dalam ruang kerja.

“Apa jenis pekerjaan yang harus dilakukan?” Pertanyaan ini menentukan kebutuhan luas area serta perlengkapan yang dibutuhkan.

“Apa saja jenis fasilitas dan perlengkapan yang diperlukan?”

Ruang kerja rumah

Ruang kerja rumah via s-media-cache-ak0.pinimg.com

“Apakah saya akan konferensi video?” Apabila iya, maka Anda juga pasti akan memerlukan ruangan yang senantiasa rapi dan memiliki interior yang indah. Di samping itu, pastikan spot-nya nanti dapat menampilkan logo perusahaan Anda.

“Kapan saya akan melakukan sebagian besar pekerjaan saya?” Hal ini juga patut dipertimbangkan, karena jika sebagian besar pekerjaan Anda dilakukan pada malam hari, tentu harus dipastikan bahwa aktivitas bekerja Anda tidak akan mengganggu istirahat anggota keluarga yang lain.

ruang kerja

No related post!

Leave a reply

5 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.