Ketika Gudang dan Lemari Sudah Penuh, Kamu Bisa Mencoba 9 Ide Pembuatan Storage yang Simple dan Keren Ini!

1579 views

Sepatu berantakan di mana-mana, barang-barang lain pun tercecer tak teratur. Hal itu mungkin terjadi ketika storage yang tersedia di rumah kamu sudah penuh, sedangkan tak ada lagi space di rumah kamu untuk menempatkan storage baru. Jika barang-barang tetap dibiarkan tercecer, bisa jadi barang-barang kamu malah rusak. Duh, jangan sampai deh.

Eitt! Jangan kalang kabut dan jangan juga terburu-buru membuang barang-barangmu atau membeli storage baru. Kamu bisa memanfaatkan berbagai area di rumah kamu tanpa mempersempit ruangan kok. Bagaimana caranya? Coba aja 9 ide pembuatan storage yang briliant ini:

1. Pasti Kamu Tak Pernah Membayangkan Jika Papan Kayu Bekas Dapat Dijadikan Tempat Penyimpanan Sepatu yang Mudah Dibuat Sekaligus Unik

Wood pallet shoe storage

Wood pallet shoe storage via www.decoratingyoursmallspace.com

Kamu belum bisa move on dari masalah sepatu berserakan dan tergeletak dimana-mana? Belum lagi lantai menjadi kotor kerena alas sepatu yang berserakan itu. Mulai sekarang kamu coba aplikasikan ide untuk membuat storage sepatu bekas pakai dengan menggunakan papan kayu bekas.

Cukup tempatkan papan kayu bekas menyandar ke dinding dan simpan sepatu bekas pakai kamu di sela-sela papan kayu itu. Untuk menampilkan kesan lebih menarik dan childish, kamu dapat menambahkan hiasan berupa boneka dan sesuaikan dengan interior lain yang terkesan kekanakan juga.

2. Membiarkan Rak Di Dapur Tanpa Modifikasi? Bisa Dibilang Keputusan Itu adalah Suatu Kesalahan Besar, Guys!

Tiny shelf pantry

Tiny shelf pantry via www.buzzfeed.com

Setiap jengkal space di area dapur harus dimaksimalkan untuk menyimpan barang-barang pantry atau perabotan. Kemungkinan besar kamu masih membiarkan rak di dapur kamu seperti bawaannya, tanpa modifikasi. Rak bawaan yang hampir bisa kamu pastikan hanya mempunyai ruang-ruang besar yang diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan perabot sebenarnya bisa kamu maksimalkan sebagai ruang penyimpanannya lho.

Jangan biarkan ruang-ruang besar di rak kamu itu terus ada, guys! Kamu harus punya keberanian untuk memodifikasi rak di dapur kamu agar lebih banyak sekatan yang menciptakan banyak storage kecil dan setiap space dimanfaatkan dengan baik. Buat papan yang menyilang secara horizontal pada rak dengan luas storage sesuai dengan tinggi barang yang akan kamu simpan.

3. Bahkan Tempat Penyimpanan di Area Wastafel (Sink) pun Harus Kamu Perhatikan

Tidy sink storage

Tidy sink storage via www.buzzfeed.com

Pengorganisasian barang-barang yang diperlukan di wastafel selama ini mungkin sederhana saja. Ada sabun pencuci tangan dan tisu rol di dinding sebelah wastafel. Pada kenyataannya, dekorasi wastafel yang seperti itu cenderung membuat wastafel kamu kotor. Selain itu, kamu pun jadi tidak punya area untuk meletakkan barang yang harus kamu lepas selagi mencuci tangan, jam tangan misalnya.

Untuk wastafel yang tidak memiliki area untuk meletakkan barang seperti itu, kamu harus coba pergunakan tempat penyimpanan yang dapat diaplikasikan di atas wastafel dan di atas keran. Kamu tidak memerlukan space yang luas untuk meletakkan barang, dan yang pasti wastafel kamu terlihat lebih bersih.

4. Dimana Kamu Harus Menyimpan Sikat Pembersih Toilet dan Karbol Agar Tak Terlihat Jorok? Jawabannya Adalah di Dalam Dinding!

Bathroom wall cabinet

Bathroom wall cabinet via www.buzzfeed.com

Sikat pembersih toilet dan karbolnya kadang mengganggu pemandangan di kamar mandi. Apalagi jika kamar mandi kamu berukuran kecil, sementara tidak ada storage khusus penyimpan barang-barang kebersihan itu. Kamu mungkin perlu mengaplikasikan ide untuk memasang instalasi kabinet penyimpan barang-barang kebersihan itu di tempat yang tak biasa.

Penginstalasian di dalam dinding menjadi alternatif yang tepat. Kamu dapat menyimpan barang-barang kebersihan itu dengan rapi tanpa memerlukan ruang ekstra untuk menyimpan barang.

5. Tak Perlu Membeli Rak Buku Khusus di Kamar Tidur Anak, Manfaatkan Saja Area di Balik Pintu!

Behind the door bookshelf

Behind the door bookshelf via www.buzzfeed.com

Bila di rumah kamu ada kamar anak yang ukurannya tak terlalu luas, usahakan untuk mengisi kamar dengan storage seperlunya saja seperti lemari pakaian dan meja belajar. Jika banyak koleksi buku anak-anak, tak perlu membeli rak buku khusus. Coba perhatikan area di balik pintu, lalu coba deh kamu aplikasikan kabinet sebagai rak buku di dinding di balik pintu kamar anak.

Pengaplikasian kabinet rak buku tersebut sebaiknya dibuat terbuka dan buku bisa kamu simpan dalam posisi tampak sampul. Anak pun menjadi mudah mengakses buku-buku kesukaannya.

6. Terlalu Banyak Tool Box Terkadang Merepotkan. Yuk, Buat Sendiri Papan Penyimpanan Perkakas yang Mudah Diakses Sekaligus Menghemat Space!

Slide tool shelf

Slide tool shelf via www.buzzfeed.com

Perkakas pertukangan di rumah kamu sering hilang? Atau lupa ditaruh dimana? Solusi untuk persoalan ini biasanya dengan menggunakan tool box agar perkakas tukang terorganiasai dengan baik. Tapi tunggu dulu, kira-kira berapa tool box yang harus kamu beli untuk menyimpan semua perkakas itu?

Kamu tak harus selalu terpaku untuk menyimpan berbagai perkakas di dalam tool box, lho. Kamu dapat membuat sendiri rak yang khusus untuk menyimpan segala perkakas itu dan tidak memakan banyak space. Caranya dengan membuat rak sorong di dinding dengan papan-papan yang sudah dilengkapi pengait (hook) sebagai tempat kamu mengaitkan perkakas.

7. Terlalu Banyak Benda Di Kamar yang Harus Kamu Simpan dan Mudah Untuk Dicari Kembali Jika Suatu Saat Kamu Membutuhkannya. Manfaatkan Tempat Tidur Kamu Sebagai Tempat Penyimpanan!

Storage divan

Storage divan via www.decoratingyoursmallspace.com

Mungkin kamu mempunyai tempat tidur dengan dipan standar saja, hanya digunakan sebagai penopang kasur. Bila budget yang kamu punya mencukupi, cobalah untuk membuat atau membeli dipan tempat tidur yang sekaligus dapat dijadikan storage.

Tempat penyimpanan berbagai barang di kamar tidur sekaligus dipan tersebut adalah solusi cerdas bagi kamu yang mempunyai kamar tidur sempit. Bila dikira-kira, harga membuat dipan sekaligus storage sama saja dengan membeli rak atau lemari baru. Namun, keunggulan dipan sekaligus storage ini tidak akan memakan banyak area kamar kamu yang memang didesain tak terlalu luas.

8. Organisasikan dengan Baik Segala Pernak Pernik dan Kosmetikmu dengan Menggunakan Storage yang Disesuaikan dengan Ukuran Pernak-Pernik Itu

Small things storage

Small things storage www.gurl.com

Anak gadis pasti punya berbagai koleksi pernak-pernik kecil seperti jepitan rambut, kalung, gelang, kuteks, dan lain-lain. Tapi jangan berfikiran bahwa menyimpan semua pernak-pernik tersebut akan efektif jika disimpan ke dalam satu laci. Tahu kenapa? Karena dengan cara penyimpanan yang begitu akan menyulitkan kamu mengakses kembali benda-benda kecil itu. Lebih parahnya lagi apabila sudah tercampur, kemungkinan besar barang-barang mungil kamu itu akan rusak.

Nah, mulai sekarang kamu harus coba belajar untuk menyimpan dengan baik pernak-pernik kecil kamu itu. Kamu tak perlu membeli storage khusus untuk pernak-pernik kamu itu, karena pasti akan menyita area di kamar kamu.

Kamu bisa coba pergunakan mangkuk atau gelas kecil sesuai ukuran barang yang akan kamu simpan. Lalu klasifikasikan berdasarkan jenis barang, simpan satu jenis barang dalam satu mangkuk atau gelas. Selain enak dilihat, tentu saja cara sederhana ini akan sangat memudahkan kamu.

9. Membuat Rak Sepatu di Dinding? Why Not?!

Wall shoe shelf

Wall shoe shelf via www.home-dzine.co.za

Problem para penggila sepatu ketika koleksi sepatunya sudah membludak tentunya rak sepatu yang ia punya sudah tak muat lagi. Apa mungkin kamu akan membeli storage baru untuk sepatu-sepatu itu? Cobalah alternatif baru, yaitu membuat rak sepatu terbuka di dinding. Dengan cara penyimpanan yang terkesan lebih fulgar ini, kamu bisa dengan mudah mengatur dan membersihkan koleksi-koleksi sepatu kamu itu. Jangan salah guys, cara ini justru bisa kamu jadikan show up berbagai koleksi sepatu yang kamu punya itu.

Tak terlalu sulit kan untuk menghemat area di rumah kamu yang berdesain minimalis? Beranikan saja untuk mencoba and your life will be much easier!

gudang rumah storage

Related Post

Leave a reply

five − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.