8 Tips Mudah Menyulap Kamar Kost Berukuran Kecil agar Terasa Luas, Rapi, dan Nyaman!

Bagi anak kost, kamar kost semestinya menjadi tempat paling nyaman untuk ditinggali. Sebagai anak kost, kegiatanmu mungkin saja terpusat di kamar kost milikmu. Kamar kost adalah tempat melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Sayangnya, mungkin banyak diantara kamu yang kurang bisa mengelola dan mendesain interior kamar kostmu sendiri. Akibatnya, kamar kost kamu menjadi kurang rapi dan kurang nyaman untuk ditempati. Padahal, kenyamanan adalah salah satu hal yang seharusnya didapatkan ketika berada dalam kamar kost.

Pada umumnya, kamar kost yang banyak disewakan berukuran antara 3 x 3 meter atau 3 x 4 meter. Ukuran tersebut sering kali terlalu sempit dan tidak cukup menampung semua barang-barang milikmu. Akibatnya, kamarmu menjadi sumpek karena terlalu banyak barang. Hal itu sebenarnya bisa diatasi jika kamu tahu bagaimana cara mengatur interior kamar kost milikmu. Untuk menciptakan kenyamanan dan memudahkan kamu dalam mengatur interior kamar kost milikmu, kamu bisa terapkan beberapa hal berikut ini di kamarmu.

1. Cat Dinding Kamarmu dengan Warna Cerah

Cat Dinding Kamarmu dengan Warna Cerah

Gambar via kabarrumah.com

Warna cat dinding ternyata dapat memberi efek psikologis untuk penghuni kamar. Mengecat kamar dengar warna cerah dan kalem seperti hijau muda, biru muda, merah muda ataupun krem dapat memberikan efek sejuk dalam kamar. Hal tersebut tentu saja akan membuat kamarmu terasa lebih sejuk dan menenangkan.

Sensasi sejuk tadi akan membuat kamu rileks dan betah berada di dalam kamar. Ketika kamu merasa nyaman, kamu akan lebih leluasa melakukan banyak kegiatan di dalam kamar. Di samping itu, rasa nyaman tersebut juga akan membuat tidur ataupun istirahatmu menjadi lebih berkualitas. Hal itu tentu saja membawa pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh dan jiwamu.

2. Tempelkan Rak Buku pada Dinding

Tempelkan Rak Buku pada Dinding

Gambar via ideproperti.com

Rak buku membantu kita mengatur buku-buku yang ada agar terlihat lebih rapi. Sayangnya, terkadang rak buku menjadi salah satu benda yang cukup memakan tempat. Kamar kost yang tidak terlalu luas seringkali terlihat makin sempit dengan kehadiran rak buku di sudut-sudut ruangan maupun di dekat meja belajar.

Hal tersebut bisa kamu atasi dengan model rak gantung yang menempel di dinding. Rak dengan model menempel di dinding seperti ini adalah pilihan tepat untuk menyimpan buku-buku yang ada. Metode ini memungkinkan kamu menempatkan beberapa rak sekaligus dalam kamar tanpa harus khawatir akan memakan banyak tempat. Selain itu, rak yang menempel di dinding dapat kamu susun sedemikian rupa sehingga terlihat artistik dan membuat interior kamarmu menjadi lebih menarik.

3. Gunakan Lemari Minimalis dan Multifungsi

Gunakan Lemari Minimalis dan Multifungsi

Gambar via dianinterior.blogspot.com

Untuk ukuran kamar yang tidak terlalu luas, hindari penggunaan lemari besar karena akan membuat kamar terlihat makin sempit. Gunakan lemari minimalis yang memungkinkan untuk diletakkan di salah satu sudut ruangan. Agar lebih multifungsi, kamu bisa memakai lemari berkaca yang juga dilengkapi dengan meja rias ataupun ruang penyimpanan perkakas.

Perpaduan tersebut akan sangat menghemat pemakaian ruangan. Selain itu, pilih lemari minimalis yang mempunyai beberapa kabin. Hal tersebut akan memudahkan kamu mengatur tata letak dan isi lemari. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memisahkan jenis dan fungsi pakaian maupun peralatan rias atau yang lainnya sesuai kebutuhanmu.

4. Tempatkan Kasur di Sudut Ruangan

Tempatkan Kasur di Sudut Ruangan

Gambar via majalahasri.com

Dalam sebuah kamar tidur, kasur tentu saja merupakan elemen yang penting. Untuk lebih efisien, gunakan kasur berukuran single sesuai dengan kebutuhanmu yang hanya tinggal sendiri di dalam kamar kost. Untuk kamar berukuran kecil, menempatkan kasur di salah satu sudut kamar adalah pilihan yang bijak, baik kasur polos ataupun menggunakan tempat tidur.

Usahakan untuk menghindari menempatkan kasur di tengah ruangan. Hal tersebut justru akan memberikan kesan penuh dan akan menciptakan banyak rongga yang sempit. Kamar akan terasa sumpek dan kurang nyaman ditempati. Selain itu, memungkinkan terbentuknya area luas di sisi yang lain. Area tersebut bisa kamu manfaatkan untuk keperluan yang lain.

5. Jangan Letakkan Barang Berukuran Besar Menghadap ke Pintu

Jangan Letakkan Barang Berukuran Besar Menghadap ke Pintu

Gambar via pinterest.com

Pintu merupakan akses utama kamu untuk masuk ke dalam kamar. Hal yang pertama kamu lihat satelah membuka pintu tentu saja mempunyai pengaruh dan kesan pada kamarmu. Meletakkan barang berukuran besar menghadap ke pintu bukanlah pilihan yang bijak.

Ketika kamu mendapati sebuah barang berukuran besar terpampang jelas ketika membuka pintu, kamarmu akan terkesan penuh dan sumpek. Hal tersebut tentu saja mengganggu pemandangan dan memberikan kesan kurang nyaman untuk ditempati.

Agar tidak kelihatan sumpek dan sempit, sebaiknya kosongkan area yang menghadap langsung ke pintu. Jika terpaksa harus meletakkan barang, letakkan barang berukuran minimalis dan merapat ke dinding. Hal tersebut setidaknya akan mengurangi kesan sumpek dan penuh sehingga kamarmu juga akan terasa lebih nyaman ditempati.

6. Manfaatkan Kolong Tempat Tidur

Manfaatkan Kolong Tempat Tidur

Gambar via vemale.com

Jika kamu menggunakan tempat tidur, jangan biarkan kolong tempat tidurmu berongga tanpa fungsi. Kolong tempat tidur bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan banyak benda. Kamu bisa menata rapi sepatu ataupun sandal milikmu dalam kardus dan menyusunnya di bawah kolong tempat tidur.

Selain itu, kolong tempat tidur juga bisa kamu fungsikan sebagai gudang mini. Kamu bisa membuat beberapa sekat rongga untuk memisahkan benda-benda yang akan kamu simpan di bawah kolong tempat tidur. Manajemen penyimpanan barang yang rapi akan memudahkan kamu ketika suatu saat mencari barang yang kamu simpan. Metode ini memungkinkan kamu untuk menyimpan banyak barang di dalam kamar dengan tetap terlihat rapi dan nyaman untuk ditempati.

7. Pilih Meja yang Fleksibel

Pilih Meja yang Fleksibel

Gambar via lookuptable.blogspot.com

Meja adalah benda yang pasti kamu perlukan baik untuk menulis, membaca ataupun makan. Untuk memudahkan penyimpanan, pilihlah meja yang fleksibel. Dalam hal ini, meja lipat bisa menjadi pilihan.

Meja lipat dengan konsep minimalis dan praktis akan memudahkan kamu dalam penggunaan dan penyimpanan. Ketika tidak membutuhkan meja, kamu bisa menyimpannya pada area-area fleksibel seterti kolong tempat tidur, atas lemari, belakang lemari ataupun menggantungnya di dinding. Saat butuh meja, kamu hanya perlu mengambilnya dari tempat penyimpanan dan mengembalikannya setelah selesai pemakaian.

8. Gunakan Genteng Kaca dan Lampu Bercahaya Putih

Gunakan Genteng Kaca dan Lampu Bercahaya Putih

Gambar via blog.qlapa.com

Untuk kamar berukuran sempit, sinar matahari mempunyai andil yang besar dalam menjaga kelembaban kamar. Ada baiknya kamu menggunakan satu atau dua genteng kaca agar sinar matahari bisa secara langsung menyinari kamarmu.

Hal ini akan menghindarkan dari kelembaban berlebih yang dapat memicu tumbuhnya jamur. Selain itu, kamu dapat menggunakan lampu bercahaya putih. Lampu bercahaya putih akan memberikan efek terang yang menyegarkan, serta akan mempertegas kesan sejuk yang ditimbulkan oleh cat tembok yang kamu gunakan.

Jika kamu susah tidur dengan lampu yang terang, kamu cukup menggantinya dengan lampu redup ber-watt kecil saat menjelang tidur.

Kamar kost berukuran kecil tidak harus selalu berkesan sempit dan sumpek. Cukup dengan pengaturan yang fleksibel dan efisien, kamar berukuran kecil milikmu bisa disulap menjadi sebuah kamar yang terasa luas, nyaman, namun tetap terlihat artistik dan rapi. Sudah siap untuk menyulap kamarmu menjadi lebih luas?

kamar kost kamar tidur

Related Post

Leave a reply

two + five =