7 Trik Mudah Membuat Apartemen Kecilmu Jadi Lebih Luas, Nyaman, Dan Menawan!

658 views

Tinggal di kota besar untuk bekerja ataupun melanjutkan studi merupakan salah satu pilihan yang dijalani oleh banyak orang. Semakin sedikitnya lahan di daerah perkotaan besar membuat para perantau cenderung memilih tinggal di apartemen yang secara ukuran ruangannya tidak terlalu besar. Biasanya, selain karena biaya tempat tinggal yang tidak terlalu mahal, apartemen berukuran kecil (studio) dipilih karena dekat dengan lokasi tempat kerja atau kampus kamu.

Kamu tentu saja tidak akan tinggal di apartemen kecil selamanya. Akan tetapi, buat kamu yang sedang bekerja atau studi, tinggal di apartemen dengan tipe studio itu pasti sudah terasa seperti rumah kedua kamu. Jadi, jika rumah kedua kamu itu menjadi semakin nyaman, maka kamu juga akan menjadi semakin produktif ketika berada di apartemen itu. Kamu juga bisa memulihkan energi dengan nyaman apabila suasana apartemen kamu mendukung.

Namun, sayangnya kondisi apartemen yang kecil membuat kita bingung untuk melakukan inovasi agar suasanya menjadi lebih nyaman. Ketika kamu sudah berniat untuk memberikan beberapa aksesoris dan hiasan agar suasana ruangan menjadi lebih nyaman, tiba – tiba ruangan itu sudah penuh padahal belum semua aksesoris terpasang. Belum lagi tumpukan barang – barang yang menjadikan apartemen kamu menjadi lebih sempit.

Untuk mengubah suasana ruang apartemen kecil yang kamu tinggali menjadi lebih segar dan nyaman, kamu dapat menggunakan 7 trik mudah di bawah ini yang akan membuat kamar apartemen kamu terasa lebih luas dan nyaman!

1. Pencahayaan yang Cukup

Teknik Pencahayaan Ruang

Teknik Pencahayaan Ruang via homeround.com

Ruangan yang cenderung kecil ketika diberi pencahayaan satu arah saja, maka akan membuat suasana menjadi terasa semakin sempit dan padat. Oleh karena itu, berikanlah cahaya yang cukup dari berbagai arah sehingga suasana ruangan terlihat dengan jelas.

Cara ini juga dapat membantu kamu untuk melihat ruangan dengan lebih jelas sehingga kamu bisa menata ruangan kamu lebih rapi lagi. Dalam memilih sumber cahaya, tidak harus selalu dari lampu. Kamu juga bisa menggunakan pencahayaan alami seperti matahari.

Menggunakan matahari sebagai sumber cahaya alami dapat dilakukan dengan menggunakan ventilasi kaca, perbanyak juga tirai kaca berwarna putih sehingga cahaya matahari dapat masuk dengan mudah. Dengan menggunakan cahaya terang dari matahari, ruangan akan menjadi lebih hidup dan nyaman.

2. Pemilihan Warna Interior

Pemilihan Warna

Pemilihan Warna via www.lushome.com

Interior dan perabotan yang ada di dalam apartemen kamu akan sangat memengaruhi suasana apartemen kamu. Untuk apartemen kecil, pemilihan warna dalam interiornya sebaiknya menggunakan warna cerah dan didominasi oleh warna putih. Warna polos seperti putih akan membuat ruangan terasa lebih luas dan segar.

Apabila kamu merasa tembok dan interior lainnya yang berwarna putih itu terlalu polos, kamu bisa menghiasinya dengan lukisan atau foto. Pemilihan warna pigura pun perlu diperhatikan, jangan sampai berwarna – warni sehingga membuat ruangan terasa penuh. Gunakan warna polos, apabila warna interior kamu putih, maka kamu dapat mengombinasikannya dengan pigura berwarna hitam.

3. Maksimalkan Furnitur yang Kamu Miliki

Perabot Serbaguna

Perabot Serbaguna via www.homedit.com

Permasalahan yang selalu muncul dalam apartemen berukuran kecil adalah kurangnya ruang untuk menaruh berbagai furnitur. Hal ini dapat kamu atasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah memaksimalkan penggunaan furnitur yang ada. Saat ini, sudah banyak furnitur yang memiliki kemampuan multifungsi, sehingga prioritaskan pemilihan furnitur yang memiliki kelebihan ini.

Kamu bisa memilih lemari pakaian dari kayu yang pendek yang di atasnya bisa kamu gunakan sebagai meja. Gunakan juga furnitur yang mudah untuk dirapikan dan dibersihkan sehingga ruangan dapat kamu akan terlihat selalu bersih dan rapi.

4. Gunakan Pembatas Tirai

Tirai Pembatas

Tirai Pembatas via www.pinterest.com

Ruangan apartemen kecil biasanya tidak memiliki penyekat. Oleh karena itu, aktivitas memasak, makan, bekerja, dan tidur akan terjadi di dalam satu ruangan saja. Banyak yang tidak terlalu memedulikan hal ini karena sudah menjadi suatu kebiasaan. Namun, beberapa di antaranya merasa membutuhkan privasi terutama di area tempat tidur. Maka, kamu bisa menggunakan pembatas tirai untuk memisahkan tempat pribadi kamu dengan ruangan lainnya.

Penggunaan tirai sebagai pembatas dapat dilakukan dengan cara menggantungkannya di atas menggunakan railing, sehingga tirai ini dapat kamu buka dan tutup setiap saat. Teknik menambahkan pembatas/sekat dalam apartemen kecil dapat membantu kamu untuk mengoordinasi penempatan barang – barang sehingga tidak akan tercampur satu sama lain.

5. Manfaatkan Lemari Serbaguna

Salah satu bentuk Lemari Serbaguna

Salah satu bentuk Lemari Serbaguna via clarecousins.com.au

Setelah penggunaan tirai sebagai pembatas, kamu dapat menambahkan nilai fungsinya apabila di bagian bawah tirai itu kamu menambahkan lemari multifungsi. Sehingga tirai hanya menjuntai sebagian, lalu sisa bagian bawahnya kamu tutup dengan menggunakan lemari multifungsi. Penggunaan lemari multifungsi dapat menjadi salah satu solusi penyimpanan barang yang kamu miliki.

Pilihlah lemari yang cukup tebal dan memiliki pintu akses dari dua sisi. Hal ini disarankan agar kamu bisa mengakses lemari itu dari dua sisi. Kamu juga perlu memperhatikan untuk pemilihan warnya. Kamu dapat mengombinasikan warna lemari dengan tirai dan interior lainnya.

6. Hindari Penggunaan Meja Makan Besar Beserta Kursinya

Meja dan Kursi Simple dan Menarik

Meja dan Kursi Simple dan Menarik via freshome.com

Trik ini sangat dipengaruhi oleh ukuran apartemen kamu, apabila apartemen kamu berukuran sangat kecil, maka sebaiknya kamu menggunakan trik ini. Namun, apabila apartemen kamu tergolong cukup longgar dan memiliki ruang untuk menaruh meja dan kursi makan berukuran besar, maka tidak menjadi masalah.

Kadang apartemen yang kecil dipaksakan untuk menaruh meja makan untuk kapasitas 4 orang. Tentunya ini akan sangat memakan kapasitas ruangan apartemen kamu. Maka, kamu dapat mengatasinya dengan cara memasang karpet lembut dan tebal di lantai apartemen kamu dan menggunakan meja yang pendek.

Pemilihan meja pendek perlu disesuaikan dengan penggunaan, apabila kamu sering mengundang teman kamu untuk makan dan bercengkerama di apartemen, maka pilihlah meja pendek berkapasitas 4 orang. Ketika kamu tidak sedang menerima tamu atau tidak membutuhkan meja, kamu bisa menyimpan meja ini untuk sementara. Selalu pastikan ruangan tengah kamu bersih dan rapi sehingga suasana akan menjadi lebih nyaman.

7. Gunakan Cermin

Penggunaan Kaca

Penggunaan Kaca via www.popsugar.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penggunaan cermin dalam ruangan berukuran kecil dapat membantu memperluas ruangan. Walaupun ini hanya sebuah ilusi mata, namun trik ini dapat membantu kamu merasa lebih nyaman karena merasa berada di dalam ruangan yang besar. Karena itu sebaiknya kamu menggunakan cermin yang berukuran cukup besar.

Selain mampu memberikan ilusi agar ruangan terlihat lebih luas, cermin juga memiliki manfaat lain seperti ketika kamu sedang memilih pakaian dan berdandan. Cermin juga akan memantulkan warna-warna cerah yang ada di apartemen kamu sehingga membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup dan nyaman.

Yang menjadi kunci dalam menyulap ruangan kamu agar lebih luas adalah dengan mengubah warna seluruh interior kamu menjadi lebih sederhana dan cerah. Memasang perabotan dengan warna yang tidak saling melengkapi akan membuat suasana ruangan terkesan padat dan panas. Maka tidak perlu khawatir dengan kondisi apartemen kamu saat ini, mulailah berbenah dan pelan – pelan memperbaikinya!

apartemen Desain interior minimalis

Related Post

Leave a reply

1 + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.