7 Tips Sederhana Menata Kamar Tidur Kos Sempit Agar Kamu Merasa Lebih Nyaman Dan Betah!

8277 views

Bagi kamu anak kos-kosan, kamar adalah istana kedua setelah rumah milik orangtua yang letaknya ribuan mil dari tempat tinggal kamu sekarang. Ibarat rumah mewah, kamar yang hanya seluas 3 x 4 meter bisa membuatmu tidur nyaman dan juga menjadi saksi bisu perjuanganmu selama berada di perantauan. Nah, karena kamar kos menjadi tempat kamu menghabiskan waktu seharian untuk beristirahat, mengerjakan tugas, dan juga tempat berkumpul bersama sahabat seperjuangan, tentunya kamar kos kamu juga harus ditata dan didekorasi sedemikian rupa agar lebih nyaman.

Buat apa juga didekorasi sedemikian rupa kalau cuma dipakai untuk beristirahat?

Wah, jangan salah! Tempat yang nyaman dan rapi akan membuat kamu lebih betah dan juga nyaman beristirahat dan yang pasti akan mengurangi badmood kamu setiap harinya. Bayangkan jika kamu sudah merasa lelah seharian di kampus lalu kembali ke kosan dan melihat kamar kamu yang acak-acakan, barang-barang berserakan di mana-mana, cat dinding yang udah mulai buram pasti akan membuat kamu semakin badmood. Yang ada kamu akan uring-uringan seharian dan tidak semangat menjalankan aktivitas.

Ada 7 tips sederhana untuk mendesain kamar kos kamu agar suasananya semakin seru dan semakin berarti untuk hidupmu di tanah rantau. Yuk, simak bersama!

1. Cari Referensi Desain Kamar Tidur yang Sesuai Dengan Kepribadian Kamu

Desain Kamar Kost Simple

Desain Kamar Kost Simple via www.modelsminimalis.co

Kamu tidak bisa asal-asalan merenovasi kamar kos. Katanya agar kita lebih bersemangat setiap harinya, sebaiknya desain kamar tidur harus sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Contohnya, seorang pecinta sepak bola sebaiknya mendesain kamar kos dengan campuran warna dari klub yang digemari ataupun memberi ornamen-ornamen atau gambar dari pemain yang di idolakan.

Jangan sampai kamu berjiwa laki, tapi desain kamarnya Hello Kitty. Takutnya jiwa kamu tiba-tiba berubah menjadi jiwa perempuan. Jangan sampai ya!

Kamu bisa mencari referensi di internet untuk desain kamar kos kamu. Banyak pilihan yang bisa kamu bandingkan yang satu dengan yang lainnya. Pilih yang sesuai dengan karakter kamu ya! Tapi, kalau kamu seorang desainer pasti sudah bisa merancang sendiri dekorasi di kamar kos kamu dong!

2. Agar Lebih Menarik Ganti Cat Dinding Dengan Wallpaper

Wallpaper Kamar Kos

Wallpaper Kamar Kos via www.info-anime.com

Setelah kamu menentukan desain kamar kos kamu, sebaiknya kamu juga mencari wallpaper untuk menggantikan cat dinding. Wallpaper dapat dijadikan pilihan karena memiliki desainnya yang unik dilengkapi dengan berbagai pilihan warna dan  harganya juga lebih murah dari cat dinding. Cari wallpaper yang tidak terlalu ramai dan terlalu mencolok. Lebih baik kamu mencari warna yang netral atau warna yang bisa membuat kamu nyaman saat melihatnya.

Belum tentu warna kesukaan kamu bagus untuk dijadikan wallpaper dinding. Sekali-kali kamu bisa mencoba warna lain untuk dinding kamar tidur kamu nantinya. Kalaupun kamu tetap memilih warna yang terang usahakan mengombinasikannya dengan warna yang lain yang lebih netral agar tidak terlalu kontras. Warna yang terlalu terang bisa merusak penglihatan lho.

3. Manfaatkan Furnitur Kamar Kos Kamu yang Sudah Ada

Peralatan Kamar Kos

Peralatan Kamar Kos via www.keccikun.jordandreas.com

Kalau furnitur yang sudah ada di kamar kos kamu masih bisa digunakan tidak usah beli yang baru. Furnitur yang masih bisa digunakan itu dapat kamu desain ulang atau mengganti catnya agar terlihat baru lagi. Di samping lebih kreatif memanfaatkan barang bekas, juga jadi lebih hemat. Kamu bisa menyimpan uang lebihnya untuk membeli barang yang lain.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah barang yang sudah ada menjadi lebih menarik dan lebih kreatif. Apalagi zaman sekarang masyarakat Indonesia juga semakin kreatif, barang yang dianggap sama sekali tidak berguna ternyata bisa diubah menjadi barang yang punya manfaat dan juga tampilannya yang lebih menarik.

4. Cukup Gunakan Tempat Tidur Single Bed yang Kecil

Kamar Tidur Single Bed

Kamar Tidur Single Bed via www.besshop.com

Karena kamu tinggal sendiri jadi tidak usah menggunakan tempat tidur yang terlalu besar. Sesuaikan dengan ukuran kamar kamu. Kalau sebelumnya kamar kos kamu sudah ada tempat tidurnya sebaiknya gunakan tempat tidur yang sudah ada. Tinggal kamu mengatur penempatannya agar terlihat lebih rapi.

Kalaupun kamu mau mengganti tempat tidur yang baru sebaiknya kamu memilih yang kecil saja dan sesuaikan dengan kamar tidur, disamping lebih hemat juga mengurangi space.

5. Pemilihan Warna Bedcover Juga Perlu Kamu Perhatikan

Warna Bedcover

Warna Bedcover via www.tokopedia.com

Agar kamar kamu semakin menarik, sebaiknya warna bedcover atau sprei juga disesuaikan dengan warna wallpaper kamar kamu. Nah, di sini kamu kamu sudah bisa bermain-main dengan warna. Kamu bisa memadukan dua warna sekaligus. Pilih warna yang bagus dilihat dan tidak terlalu mencolok.

Katanya, kalau warna tempat tidur sesuai dengan warna kesukaanmu, maka masa istirahat kamu akan lebih berkualitas. Dan yang pasti akan membuat kamu semakin betah di kamar. Tapi jangan sampai karena terlalu nyaman kamu jadi lupa tugas kamu sebagai mahasiswa.

6. Barang yang Sudah Tidak Terpakai Sebaiknya Kamu Sumbangkan

Kamar Berantakan

Kamar Berantakan via www.travelmatekamu.com

Barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi sebaiknya kamu singkirkan dari kamar. Jangan sampai kamar kamu terlalu padat dengan barang-barang yang tidak berguna. Ada baiknya barang-barang yang masih layak pakai kamu sumbangkan. Cara lainnya, kalau kamu mau meraup keuntungan, barang-barang tersebut bisa kamu jual lagi.

Apalagi nih banyak anak kosan yang lebih memilih barang bekas yang masih layak pakai ketimbang harus membeli lagi yang baru. Banyak pertimbangan jika ingin membeli peralatan kamar kos yang baru. Kamu hanya menggunakannya paling tidak 4 tahun. Setelah wisuda kamu akan meninggalkan kamar kos, kan? Kamu dapat keuntungan dengan hasil jualan barang bekas dan kamar kamu akan lebih tertata rapi dan juga si pembeli juga untung karena lebih hemat.

7. Jangan Lupa Membersihkan Kamar Kamu!

Kamar Kos yang Rapi

Kamar Kos yang Rapi via www.unycommunity.com

Setelah merenovasi kamar kos kamu, hal yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa menjaga kebersihan kamar kamu. Percuma kamu sudah renovasi sedemikian rupa, tapi kamu tidak rajin bersih-bersih tetap aja kamar kamu akan berantakan dan tidak enak dipandang mata.

Sebaiknya setiap pagi sebelum meninggalkan kamar kos kamu merapikan tempat tidur dulu dan merapikan barang-barang yang berantakan. Kalau kamu tidak mau susah, setiap kali kamu selesai memakai barang-barang di kamar kamu taruh di tempatnya yang semula jangan asal taruh saja.

Kebersihan kamar kos juga jadi penilaian dari orang-orang yang berkunjung ke kamar kamu. Alangkah indahnya kalau tamu yang datang merasa nyaman dan betah di tempat tinggalmu. Dan juga orang-orang akan mengetahui kepribadian kamu saat melihat isi kamar kamu.

Nah, itu tadi 7 tips untuk sederhana untuk menata dan merenovasi ulang kamar kos kamu agar lebih menarik dan menjadi hunian yang nyaman. Sudah siap melakukan perubahan di kamar kos kamu? Selamat mencoba yah guys!

dekorasi kamar kost kamar tidur renovasi

Related Post

Leave a reply

12 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.