5 Hal Penting yang Wajib Kamu Ingat Sebelum Membangun Rumah Kost Agar Tidak Berakhir Sebagai Bangunan Terbengkalai!

380 views

Bisnis sewa rumah hunian saat ini memang sangat menggiurkan. Hampir setiap rumah persewaan selalu penuh terisi oleh orang-orang dengan berbagai latar belakang. Ada banyak jenis rumah hunian yang dijalankan seperti rusun (rumah susun), perumahan, apartemen, asrama untuk pelajar atau mahasiswa dan rumah kost.

Kenapa bisnis ini menggiurkan? Tentu saja karena permintaan yang besar dan pendapatannya berlaku dalam jangka waktu yang panjang. Jadi setelah kamu membangun rumah kost, kamu hanya tinggal menunggu pemasukan melalui penyewa kamar setiap bulannya. Dalam hitungan beberapa tahun modal kamu untuk membangun rumah kost tersebut sudah balik lagi ke kantong kamu.

Eits, tapi kamu harus cermat dalam memilih lokasi dan konsep untuk rumah kost yang akan kamu bangun. Ada beberapa faktor yang dapat membuat bangunan kost kamu nggak ada yang menyewa loh. Kalau kamu nggak mau sampai bangkrut, nih ada beberapa hal yang penting untuk kamu tahu sebelum membangun rumah kost. Yuk disimak.

1. Lokasi Harus Strategis

Pilih lokasi yang strategis

Pilih lokasi yang strategis via wikitravel.org

Lokasi sangat mempengaruhi banyaknya permintaan akan hunian. Usahakan lokasi yang akan kamu jadikan tempat kost tersebut dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat makan karena dua hal ini merupakan syarat utama yang harus kamu penuhi. Aksesnya juga harus mudah untuk dijangkau. Kalau bisa sih dekat dengan sarana transportasi umum.

Kawasan yang paling menguntungkan bagi kamu sebenarnya adalah pada kawasan perkantoran, kampus dan kawasan perbelanjaan yang merekrut banyak karyawan. Ya tentu saja karena rata-rata penghuni kost adalah mahasiswa dan karyawan.

2. Tentukan Target Hunian.

minimalis namun berkelas

Desain kamar minimalis namun berkelas via tiperumah.com

Target hunian akan mempengaruhi desain, fasilitas dan harga yang kamu tawarkan. Target bisa berupa mahasiswa ataupun karyawan dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah atau menegah ke atas. Jenis kelamin juga berpengaruh guys, karena target hunian untuk pria dan wanita akan mempengaruhi desain kamar yang akan kamu siapkan.

Nah, jika target kamu adalah mahasiswa atau karyawan dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, kamu bisa menggunakan desain yang minimalis dan sederhana. Jika target merupakan kelas ekonomi menengah ke atas, kamu bisa membuat desain minimalis tapi berkelas dan di tambah dengan berbagai fasilitas penunjang hidup sehari-hari. Karena untuk ekonomi kelas menengah keatas, mereka sanggup membayar untuk berbagai fasilitas yang kamu sediakan seperti pantry, TV, AC, dan Laundry.

3. Desain yang Nyaman dan Sesuai Target.

Kos dengan desain sederhana dan minimalis

Kos dengan desain sederhana dan minimalis via bursatanahdekatkampus.blogspot.co.id

Ada beberapa hal penting terkait desain yang patut kamu pertimbangkan guys. Pertama kamu harus memperhatikan luas kamar yang proporsional untuk menjaga kenyamanan penghuni. Luas dan desain per kamar juga ditentukan oleh target jumlah hunian per kamarnya. Jika kamu mau membuat satu kamar untuk dihuni dua orang, tentu saja luasnya lebih besar dibanding kamar yang dihuni sendirian.

Kamu mau pendapatan kamu lebih besar? Kamu bisa deh membangun kost bertingkat. Namun jangan sampai lebih dari tiga lantai guys, karena kamu harus membangun lift untuk memudahkan mobilitas penghuni. Tapi idealnya sih cukup dua lantai saja.

Jika kamu hendak membangun rumah kost bertingkat, jangan lupa memberikan kamar mandi dan dapur di setiap lantainya. Karena akan sangat melelahkan jika harus naik turun tangga hanya untuk memasak dan pergi ke kamar mandi. Jangan lupa memberikan space untuk jemuran guys. Beberapa penghuni mungkin akan mencuci pakaiannya sendiri sehingga tempat cuci dan jemuran jangan kamu lupakan ya.

Garasi sebaiknya luasnya diperkirakan dari jumlah total kamar yang kamu buka guys. Pastikan semua kendaraan yang dimiliki penghuni muat di dalamnya. Jika target kamu masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah, kira-kira luas garasinya tidak terlalu besar karena kendaraan yang dimiliki kebanyakan sepeda motor.

Nah, garasi luas akan kamu butuhkan jika kendaraan sebagian penghuni kamu berupa mobil. Selain luas, yang paling penting adalah faktor keamanan. Jadi usahakan garasi aman dan kalau bisa dipasang kamera CCTV agar lebih oke.

Desain yang minimalis dan sederhana sangat digemari oleh mahasiswa yang tentunya mencari rumah kost dengan harga terjangkau. Selain itu pembangunannya tidak membutuhkan biaya yang besar sehingga kamu bisa mendapat keuntungan dalam waktu dekat. Eits, meskipun konsep kost yang kamu bangun sederhana, tetapi tetap utamakan kenyamanan ya.

Kalau kamu mau mempercantik kost kamu, bisa deh kamu salurkan kreativitas kamu dalam mendesain ruangan agar lebih artistik. Hal semacam ini bisa menarik minat calon penyewa loh.

4. Keamanan, Kenyamanan dan Privacy.

Kos bersih dan asri membuat nyaman

Kos bersih dan asri membuat nyaman via www.informasikost.com

Keamanan sangat penting bagi penghuni kost dari kalangan mana pun. Untuk masalah keamanan lingkungan, kamu bisa survey dahulu kepada masyarakat sekitar ataupun meminta data keamanan dari pihak kepolisian sebelum membangun rumah kost.

Jika kamu membangun kost untuk kelas menengah ke atas kamu bisa memasang CCTV ataupun menyewa satpam penjaga. Nah, jika penghuni dari kelas menengah ke bawah, usahakan kunci pagar, pintu depan dan setiap kamarnya berfungsi dengan baik.

Kenyamanan juga harus kamu perhatikan, salah satunya adalah dari faktor kebersihan. Rumah kost yang bersih membuat penghuninya merasa nyaman dan betah untuk tinggal berlama-lama di dalam kost. Paling utama adalah kebersihan kamar mandi.

Jika kamu menerapkan konsep kamar mandi bersama, pastikan penghuni sama-sama menjaga kebersihannya. Untuk lebih menjamin kebersihan kost, kamu bisa menyewa tukang bersih-bersih agar rumah kost kamu tetap terlihat bersih, rapi dan asri.

Ketenangan juga menjadi salah satu aspek dalam kenyamanan. Mungkin jika kost kamu berada dekat jalan raya atau pusat perbelanjaan hal ini susah untuk dihindari. Kembali pada poin target hunian lagi, jika target kamu orang-orang yang bekerja butuh konsentrasi penuh maka hindari lokasi pada pusat keramaian.

Untuk menjaga privacy penghuni rumah kost, ada baiknya kamu memiliki rumah yang berbeda dengan rumah kost kamu. Agar mereka tidak merasa selalu di awasi oleh kamu, namun tetap lakukan kontrol secara rutin ya.

5. Membangun Kostel?

Kostel

Kostel via kostmaleo.com

Kost dan hotel dalam satu bangunan? Bisa banget kamu coba dalam bisnis property kamu nih. Kamar kost tentunya bisa disewa dalam hitungan bulanan. Selain itu kamu juga menyediakan hunian untuk disewa dalam hitungan mingguan dan harian.

Tipe kamar bisa kamu bagi dalam beberapa kelas, mulai dari Deluxe, VIP dan VVIP. Seperti hotel kebanyakan, tentu saja masing-masing kelas memiliki desain, fasilitas, service dan harga yang berbeda.

Bangunan kostel harus memiliki area parkir yang luas karena penghuninya banyak dan pasti menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk luasan kamar disesuaikan dengan tipe kamar single atau double.

Hal penting lainnya, jangan samapai kamu melupakan prinsip utama dalam berbisnis. Perhitungan biaya pengeluaran untuk membangun rumah kost dan pembelian furniture turut andil dalam menentukan harga kost kamu. Jadi, semakin mewah fasilitas tentu pengeluaran kamu semakin besar sehingga harga kost harus tinggi biar kamu dapat keuntungan.

Pada dasarnya, ketika kamu memutuskan untuk membangun rumah kost, hal yang berkaitan dengan lokasi serta target akan menentukan desain yang kamu buat. Kamu harus benar-benar mengenal kriteria target yang akan kamu bidik dalam menentukan konsep dasar rumah kost milikmu.

Kenyamanan dan keamanan menjadi pertimbangan juga dalam pemilihan rumah kost bagi calon penyewa. Jadi usahakan kost yang kamu bangun memenuhi standar dalam pembangunan rumah kost ya guys. Biar rumah kost yang kamu bangun nggak terbengkalai dan menjadi bangunan tua yang tidak mendatangkan keuntungan.

bisnis properti rumah kost sewa kost

Related Post

Leave a reply

two × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.