12 Desain Frame Foto Menarik yang Dapat Kamu Buat Sendiri ini Dijamin Akan Menambah Keindahan Rumahmu!

735 views

Foto adalah memori yang tertangkap lensa. Sebuah foto memiliki berjuta kenangan dan cerita. Tidak heran jika foto menjadi salah satu pemandangan yang pasti akan kita lihat setiap hari.

Rasanya keindahan sebuah rumah tidak akan lengkap tanpa adanya foto. Biasanya foto-foto ini dipajang di dinding rumah, di atas meja, atau di tempat-tempat lain, sehingga penghuni atau pengunjung rumah dapat melihat foto-foto itu.

Untuk menambah nilai estetika dari sebuah foto, biasanya foto akan diletakkan dalam sebuah frame. Atau akan dihias sedemikian rupa, sehingga bukan hanya menyimpan suatu kenangan, melainkan juga menjadi dekorasi rumah.

Frame foto dapat kamu temukan di banyak toko, tetapi biasanya cukup sulit mencari frame yang sesuai dengan keinginanan kita. Tapi tenang saja, lewat tulisan ini, kamu akan mendapatkan inspirasi untuk mendesain sendiri frame foto yang cantik dan menarik.

1. Frame foto dari tutup botol

Frame foto dari tutup botol

Frame tutup botol via hative.com

Kalau kamu membuka botol minuman atau saos, biasanya tutupnya pasti kamu buang. Ternyata, tutup yang sepertinya tidak berguna lagi ini bisa kamu jadikan frame untuk fotomu.

Botol minuman biasanya memiliki tutup yang lebih kecil daripada tutup botol saos atau bumbu masak. Kamu bisa memilih sesuai besar kecilnya foto. Biasanya, foto-foto yang ditaruh di dalam tutup botol ini hanya menunjukkan wajah dari satu orang.

Karena ukurannya yang mini, frame fotomu dapat kamu jadikan tempelan kulkas. Atau dikumpulkan menjadi satu dalam satu frame besar.

2. Frame foto yang digantung di pohon

Frame foto yang digantung di pohon

Frame foto pohon via www.aliexpress.com

Tentu saja pohon yang dimaksudkan bukan pohon betulan. Melainkan sticker bergambar pohon besar yang ditempel di dinding. Framenya pun bukan frame yang benar-benar ada, tetapi sticker yang membentuk segiempat.

Pohon-pohon ini tersedia dalam beragam bentuk dan warna. Kamu bisa membelinya di toko-toko wallpaper atau toko accessories. Pohon foto ini pasti akan menambah indahnya dinding di rumah kamu.

3. Frame kertas yang ditempel dengan foto di dalam lemari atau loker

Frame kertas yang ditempel dengan foto di dalam lemari atau loker

Foto loker via magazine.cocontest.com

Di dalam lemari, atau pada umumnya loker barang di sekolah akan ditempeli dengan foto-foto. Agar lebih menarik, foto tersebut di tempelkan dengan kertas berwarna-warni yang memiliki bentuk bermacam-macam.

Kamu hanya memerlukan kertas warna, lem, dan kreativitas untuk membuat frame yang sesuai dengan keinginanmu.

4. Frame foto botol cantik

 

Frame foto botol cantik

Frame botol via www.prettyglassjar.com

Frame foto yang satu ini benar-benar unik. Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis botol yang berwarna bening dan transparan untuk menjadi frame fotomu. Biasanya boto-botol ini juga sekaligus menjadi hiasan di atas meja.

Kamu hanya perlu mencetak fotomu seukuran 4 atau 5 R dan memasukkannya di dalam botol. Biasanya di dalam botol tersebut bisa kamu masukkan juga batu, pasir, atau benda lain. Luar botol juga dapat dihias dengan berbagai pernak-pernik.

5. Frame foto balok kayu atau dus persegi

Frame foto balok kayu atau dus persegi

Frame foto balok via www.diynetwork.com

Kalau kamu punya balok kayu berbentuk persegi, atau dus bekas yang berbentuk kotak, kamu dapat menyulapnya menjadi frame foto cantik. Kamu cukup melengkapinya dengan tali dan hiasan kelopak bunga atau bros hewan.

Caranya, tali dililitkan di balok kayu atau dus bekas yang telah dibungkus dengan rapi terlebih dahulu. Jangan lupa menghiasnya dengan kelopan bunga atau hiasan lain. Terakhir, sisipkan selembar foto yang kamu inginkan di frame foto cantik ini.

6. Frame dari jam bekas

Frame dari jam bekas

Frame jam via www.designsponge.com

Punya jam dinding bekas yang sudah rusak dan tak terpakai lagi? Jangan langsung dibuang ya. Jam dinding ini bisa menjadi frame untuk fotomu. Caranya, keluarkan jarum dari jam bekas itu, dan pasang fotomu.

Kamu bisa menggantung foto ini sama seperti menggantung jam biasa. Bisa juga dengan menambahkan tali dan mengganggungnya, sehingga terlihat lebih unik.

7. Frame foto berbentuk bunga

Frame foto berbentuk bunga

Frame foto bunga via diyhomedecorguide.com

Satu lagi frame foto yang lucu dan mudah dibuat. Frame foto berbentuk bunga yang ditempelkan foto wajahmu di tengah bunga itu. Bunganya dapat dibuat dari kertas warna yang cukup tebal, atau dari plastik yang cukup tebal dan kaku.

Setelah framenya jadi, pasang stick sebagai tangkai bunga. Lalu letakkan bunga-bunga tersebut pada pot atau vas bunga kecil. Akan lebih baik kalau bunga-bunga ini terdiri dari beberapa tangkai.

8. Frame foto di dalam lemari kayu

Frame foto di dalam lemari kayu

Frame lemari kayu via dolomites.co

Untuk frame kayu ini agak sedikit sulit pembuatannya. Kamu dapat meminta bantuan dari keluarga, teman atau tukang yang cukup paham mengerjakan lemari kecil dan sederhana ini. Cukup dengan menyatukan beberapa papan sehingga membentuk lemari kecil, lengkap dengan sedikit penutup di depan.

Lemari, atau lebih tepatnya rak ini bisa kamu jadikan tempat menyimpan foto-fotomu. Kesan tradisional dan back to nature-nya akan menambah indah dekorasi ruangan kamu.

9. Frame foto berbentuk poster

Frame foto berbentuk poster

Frame foto poster via www.angelinthenorth.com

Frame foto ini sangat mudah dibuat. Kamu hanya memerlukan selembar kertas yang cukup tebal, serta pita-pita dan hiasan lucu. Tentu saja juga beberapa foto berbentuk kotak atau bentuk yang kamu sukai.

Frame foto ini biasanya lebih cocok untuk menampung foto-foto yang bercerita tentang perjalanan kehidupan seseorang, mulai dari kecil sampai besar. Atau koleksi foto-foto teman sekelas.

10. Frame foto jemuran

Frame foto jemuran

Frame foto jemuran via decordesignshow.com

Bentuk frame ini tentu saja tidak seperti jemuran pakaian. Melainkan sebuah pigura kayu yang diberi tali di bagian tengahnya, lengkap dengan penjepit untuk menjempit foto-foto. Sehingga nantinya foto ini kelihatan seperti pakaian yang sedang dijemur.

Pigura yang digunakan dapat dibuat dari kayu atau bambu bekas yang tidak terpakai lagi. Foto-foto yang dipasang juga nantinya dapat diganti-ganti jika kamu ingin mengganti foto-foto itu. Praktis dan menarik bukan?

11. Frame foto berbentuk matahari

Frame foto berbentuk matahari

Frame foto matahari via papyrus.greenville.edu

Satu lagi kreasi frame foto yang menggunakan penjepit. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah kardus bekas yang dipotong berbentuk bulat dan penjepit. Kamu bisa memotong bagian dalam kardus sehingga terlihat seperti cincin besar.

Penjepit yang digunakan adalah penjepit yang memiliki dua sisi untuk menjepit. Kamu bisa membelinya di toko accessories. Penjepit tersebut kamu jepitkan mengelilingi kardus bagian luar.

Jika sudah jadi, kamu dapat menjepit foto-foto yang kamu inginkan di sisi lain penjepit. Foto-foto ini harus diatur sedemikian rupa sehingga berbentuk proposional. Frame yang sudah jadi dapat kamu tempelkan di dinding rumahmu.

12. Frame kalender gantung

Frame kalender gantung

Frame kalender gantung

Frame terakhir adalah frame kalender gantung. Mungkin nama ini kurang begitu tepat. Disebut kalender gantung, karena frame ini digantung dan berbentuk mirip dengan kalender.

Bahan yang dibutuhkan adalah dua potong kayu atau bambu, tali untuk menggantung, dan tentu saja foto yang ingin kamu pasang. Akan lebih baik kalau foto tersebut dicetak pada kain atau kertas yang teksturnya menyerupai kain.

Foto tersebut dijepit di bagian atas dan bawah dengan kayu atau bambu, ini berfungsi sebagai pemberat foto. Kemudian pada kayu diberi tali. Frame fotomu jadi deh.

Bagaimana, apakah ide-ide di atas memberimu inspirasi untuk mendesain sendiri frame fotomu? Jangan Cuma menambah ide saja ya, ayo praktekan ide-ide itu.

frame foto hiasan

Related Post

Leave a reply

17 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.