10 Jenis Tempat Tinggal yang Bisa Jadi Pilihanmu di Era Serba Modern!

787 views

Rumah adalah tempat yang wajib kamu miliki. Mungkin sekarang kamu masih tinggal bersama orangtua kamu atau tinggal di rumah kontrak. Nah, kamu bisa mulai berangan-angan guys. Yup, memimpikan dulu rumah masa depan kamu. Here we go!

1. Apartemen Minimalis

Apartemen minimalis

Apartemen minimalis via www.abwaba.com

Kamu yang menyukai segala sesuatu yang berbau “praktis” sangat cocok dengan model tempat tinggal seperti ini. Tidak terlalu repot untuk membersihkan dan semua tertata praktis di ruang minimalis. Terutama bagi kamu bisa disebut eksekutif muda dan menjadikan rumah hanyalah tempat untuk tidur.

Apartemen model minimalis sudah banyak ditawarkan diberbagai daerah kota besar. Selain karena lahan perkotaan yang semakin sempit juga karena permintaan pasar yang begitu besar. Dengan penataan yang benar dan rapi semua hal yang diperlukan dapat diraih dengan cepat.

Harga yang ditawarkan pun beragam. Tergantung letak apartemen itu sendiri. Pasti harganya bisa luar biasa tinggi apabila lokasi apartemen yang kamu pilih terletak di tengah kota. Bagi kamu yang jam kerjanya sibuk dan padat harga pasti tidak masalah bila mempercepat gerakmu.

2. Rumah Susun

Rumah susun modern

Rumah susun modern via arsindociptakarya.com

Rumah susun adalah sebutan untuk apartemen murah. Yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat untuk mereka yang butuh tempat tinggal murah. Lokasi yang dekat dengan pusat kota dan mudahnya akses kemana saja bisa menjadi pertimbanganmu.

Rumah ini juga cocok untuk kamu yang telah mempertimbangkan masa pensiun untuk tinggal di daerah pedesaan. Hal ini tentu saja bisa menghemat pengeluaran sehingga kamu bisa menabung banyak untuk masa pensiunmu bersama keluarga. Nah, bisa mulai dipertimbangkan dari sekarang nih.

Memang tidak ada lahan untuk bercocok tanam, lalu untuk bermain anak-anak tidak terlalu luas hanya saja harganya murah dan terjangkau. Bagi kamu yang memang menyukai kepraktisan dan kemurahan tentu saja pilihan ini sudah menjadi harga mati. Ambil saja rumah susun.

3. Perumahan Tipe 27

Rumah tipe 27

Rumah tipe 27 via www.youtube.com

Perumahan yang banyak ditawarkan baru-baru ini adalah tipe 27 dengan luas tanah 72 meter. Terdiri atas dua kamar tidur, ruang tamu dan dapur serta kamar mandi ada di luar. Mengingat lahan yang semakin sempit di pusat perkotaan, beberapa survei menunjukkan letak perumahan ini banyak dijumpai di pinggir kota. Jarak tempuhnya sendiri bisa mencapai 30 menit- 1 jam dari pusat kota.

Harganya yang miring dan bisa di KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa menjadi pertimbangan kamu untuk tinggal di rumah tipe ini. Hanya saja perlu kamu perlu modal transportasi untuk menuju ke tempat kerjamu dan ke pusat kota. Bisa transportasi pribadi atau umum.

4. Perumahan Tipe 36

Rumah type 36

Rumah type 36 via rumahminimalisanda.com

Rumah tipe 36 luas standar yang ditawarkan adalah 90 meter atau luas bangunan 60 meter. Perbedaan dengan tipe 27 adalah adanya garasi dan taman yang lumayan lebar. Bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan kamu.

Letak perumahan ini hampir sama dengan perumahan biasanya yaitu di pinggir kota. Cocok bagi kamu maupun pasangan pengantin baru yang akan memulai kehidupan. Tipe ini memiliki kamar mandi dalam, dapur, dua kamar tidur, dan ruang tamu. Bisa kamu aktifkan fungsi loteng atau sisa ruang atap. Kamu bisa sulap sisa space tersebut menjadi gudang kamu atau ruang rahasia.

5. Perumahan Tipe 40

Rumah tipe 40

Rumah tipe 40 via rumah.housing-estate.com

Tipe 40 luas bangunan biasanya adalah 72 meter atau 105 meter. Tiga kamar tidurpun bisa kamu miliki diluas tanah 105 meter ini. Lebih leluasa menentukan keperluan ruangan. Tidak terbatas oleh bentuk asli perumahan.

Letaknya perumahan tipe ini bisa di tengah kota atau di pinggir kota. Walaupun akan jelas terlihat perbedaan harga antara yang berlokasi di tengah dan di pinggir kota. Tergantung kebutuhan dan kocek kamu. Biasanya tipe ini menjadi pilihan bagi mereka yang berkeluarga besar. Memiliki anak lebih dari tiga dan membutuhkan ruang gerak bebas. Terlebih lahan pekarangan untuk tempat bermain anak-anak.

6. Perumahan Elit

Perumahan Elit

Perumahan Elit via reksana.info

Nah ini guys, bagi kamu yang sudah memiliki jabatan penting di perusahaan dan bergaji tinggi bisa dipertimbangkan untuk memiliki perumahan ini. Selain bisa menaikkan pamor kamu sebagai atasan, kamu juga akan nyaman tinggal di rumah ini. Letak perumahaan elit banyak ditawarkan di tengah kota. Jelas dikarenakan target market perumahaan itu bagi kamu eksekutif yang berkantong tebal dan membutuhkan akses pulang dan pergi dengen mudah. Fasilitas kolam renang dan sarana olahraga pasti disediakan oleh pihak pengembang.

Selain ruang standar seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi, kamu bisa menambah perpustakaan pribadi dan ruang berolahraga di lantai dua rumah kamu. Terlebih buat kamu yang membutuhkan ketenangan. Biarkan anak-anak berada di lantai bawah dan kamu di atas.

7. Villa

Villa

Villa via www.starvillasjavea.net

Tipe villa jelas membutuhkan perawatan ekstra. Detail dan fungsi biasanya berbeda dengan tempat tinggal biasanya. Kamu yang membutuhkan tempat peristirahatan yang nyaman bisa mulai memikirkan untuk investasi memiliki villa. Pilihan tempat biasanya di bawah kaki gunung berapi atau dataran tinggi yang bersuhu dingin.

Selain nyaman untuk tempat peristirahatan bisa menjadi tempat usaha penginapan. Mantapkan masa pensiun kamu! Meskipun uang mengalir dengan sendirinya setiap bulan, tapi kamu harus bisa mengelola usaha ini guys, jangan sampai orang luar bisa masuk ke zona pribadi kamu. Untuk harga sebuah villa jelas berbeda dengan harga perumahan biasa. Desain dan letak menjadi pertimbangan harga sebuah villa. Harga sebuah villa yang ada di Yogyakarta tentu berbeda dengan villa yang ada di Pulau Bali. Ayo mulai investasi guys!

8. Rumah Teletubis

Rumah Dome anti gempa

Rumah Dome anti gempa via yogyakarta.panduanwisata.id

Rumah jenis ini cocok bagi kamu yang trauma bencana alam gempa. Di desain khusus seperti  setengah lingkaran bola yang ditelungkupkan. Komplek perumahan dome baru khusus ada di daerah Prambanan, Sleman. Dibangun akibat besarnya kerusakan rumah penduduk waktu gempa melanda di tahun 2009. Negara Amerika dan Jepang bersama-sama membantu membuat sebuah rumah yang tahan gempa. Yang dikuatirkan pada tahun tahun mendatang daerah tersebut dilanda gempa kembali.

Penataan ruangan dalam rumah dome sedikit banyak mirip dengan apartemen. Karena mengusung tema kepraktisan. Namun bedanya, masih memiliki lahan taman dan pekarangan di luar rumah. Perpaduan yang unik bukan?

9. Rumah Kuno

Rumah kuno

Rumah kuno via arsipan.info

Bagi kamu pecinta sejarah, misteri dan keunikan, kamu bisa memilih rumah kuno ini sebagai tempat hunian. Rumah ini biasanya dibiarkan tidak direnovasi karena mempertahankan kisah atau sejarah dari rumah itu sendiri. Sehingga kesan mistis dan magis akan kamu temui.

Menjadi pilihan yang menarik karena tawaran harga yang ditawarkan pasti tidak begitu setinggi harga sebuah villa. Halaman yang luas dan lingkungan yang tenang menjadi nilai plus. Terlebih kamu yang sering kumpul-kumpul bersama keluarga besar.

10. Rumah Mobil

Rumah mobil

Rumah mobil via isigood.com

Ini menjadi pilihan yang pas bagi kamu pecinta petualangan. Di era abad 21 ini bekerja tidak selalu dituntut di belakang meja kerja. Kamu bisa melakukan perjalanan dan bekerja. Menyenangkan bukan.

Mobil yang dilengkapi dengan dapur, kamar mandi dan kamar tidur ini bisa menjadi hunian yang nyaman. Terlebih harganya yang pasti jauh lebih murah dibanding properti. Kamu pasti menyukainya karena halaman rumah kamu selalu berganti-ganti setiap harinya.

Menarik bukan. Banyak pilihan jenis hunian yang bisa kamu pilih dengan berbagai keuntungan dan kerugiannya. Pada akhirnya kamu pasti harus memilih tipe rumah yang kamu inginkan. So, let’s dream it right now!

jenis hunian macam macam rumah tempat tinggal

No related post!

Leave a reply

ten + eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.